polip rahim mengacu pada pertumbuhan berlebihan dari sel-sel yang ditemukan pada dinding bagian dalam rahim. Hal ini sering terlihat di lapisan rahim atau lapisan endometrium, yang mengapa kadang-kadang disebut sebagai polip endometrium. Ukuran berkisar dari beberapa milimeter sampai beberapa sentimeter. Sel-sel yang melekat pada dinding rahim oleh basis besar atau tangkai tipis. Seorang wanita hanya dapat memiliki satu polip uterus namun juga dapat meningkatkan angka. Kebanyakan polip rahim tetap berada di dalam rahim tetapi ada contoh ketika mereka dapat menonjol melalui pembukaan rahim atau leher rahim dan akhirnya ke dalam vagina.

Tanda, Gejala, dan faktor risiko

polip rahim biasanya tidak ada gejala yang nyata dan agar mereka bisa sulit untuk dideteksi. Beberapa tanda-tanda polip rahim adalah:

* Perdarahan haid tidak teratur seperti memiliki periode sering dan tak terduga, dan periode ini memiliki panjang tidak teratur dan berat

* Pendarahan di antara periode menstruasi

* Periode menstruasi yang terlalu berat

* Pendarahan vagina bahkan setelah menopause

Wanita memiliki risiko yang lebih besar jika mereka mengalami obesitas, memiliki tekanan darah tinggi, dalam terapi obat untuk kanker payudara, dan jika mereka telah atau sedang memiliki polip serviks dan infeksi vagina lainnya.

Mendiagnosis dan Mengobati polip rahim

Jika dokter mencurigai bahwa Anda memiliki polip rahim, ia akan melakukan serangkaian tes untuk memverifikasi proses penyakit. Tes ini USG transvaginal, histeroskopi, dan kuret.

* Transvaginal ultrasound. Sebuah perangkat akan dimasukkan ke dalam vagina dan ini akan mengirimkan gelombang suara untuk membuat gambar rahim. Kebanyakan polip rahim dapat divisualisasikan dengan menggunakan metode ini.

* Histeroskopi. Ini adalah bentuk pengobatan dimana teleskop menyala tipis akan dimasukkan melalui vagina dan leher rahim, dan kemudian ke dalam rahim. Hal ini akan memungkinkan pemeriksaan lengkap dari rahim dan dokter akan dapat menghapus setiap polip rahim ketika ditemukan.

* Kuretase. Seperti histeroskopi, ini adalah bentuk pengobatan dimana dokter akan memasukkan alat logam panjang dan mengikis dinding rahim. Setiap polip akan dihapus dan spesimen juga akan dikumpulkan untuk pengujian lebih lanjut di laboratorium.

Komplikasi

polip rahim biasanya tidak kanker tetapi ada beberapa tahapan kanker rahim yang mungkin muncul sebagai polip rahim. Inilah sebabnya mengapa sekali polip akan dihapus dari rahim, tes laboratorium lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi apakah ada sel-sel yang ganas.

Beberapa orang mengatakan bahwa polip rahim dapat menyebabkan kemandulan. Masalah ini masih membutuhkan pengujian lebih lanjut tetapi jika seorang wanita telah polip rahim dan dia mengalami infertilitas, penghapusan dari polip bisa meningkatkan kesuburan.

Adanya polip uterus juga meningkatkan risiko keguguran bagi wanita hamil. Wanita yang masuk ke dalam pengobatan fertilisasi in vitro, umumnya disarankan untuk memiliki polip rahim dihapus sebelum melakukan setiap prosedur transfer embrio.

Florida Perempuan Klinik , didirikan oleh Dr James Pendergraft. Kami Aborsi Klinik Florida Penawaran terbaru, paling aman dan paling maju teknik untuk menyediakan bedah, kedokteran dan bedah aborsi termasuk metode non-pil aborsi di Florida. Untuk informasi lebih lanjut, termasuk perencanaan keluarga, silahkan kunjungi website kami premier. www.womenscenter.com